Biografi dr. Cipto Mangunkusumo Lengkap


Nama : Dr Cipto Mangunkusumo
Kategori : Pahlawan Pergerakan Nasional Indonesia
Lahir : Pecagakan, Jepara, 4 maret 1886
Wafat : Jakarta, 8 maret 1943

Sejarah Singkat
Dilahirkan di Pecagakan, Jepara 4 Maret 1886, Dr Ciptomangunkusumo merupakan putra sulung dari keluarga Mangunkusumo.Beliau merupakan dokter yang profesional dan juga merupakan salah satu pendiri Indische Partij.

Mengawali karier pertama kali sebagai pengajar bahasa melayu di sekolah dasar di Ambarawa, yang kemudian menjadi Kepala Sekolah di sebuah sekolah dasar di Semarang, dan menjadi Administrasi Dewan Kota di Semarang.

Kemudian menempuh pendidikan di Stovia (sekolah dokter  di Jakarta ) dan mendapatkan pekerjaan sebagai dokter pemerintahan, yang dalam hal ini adalah pemerintahan belanda.

Awal perjuangan Dr Cipto Mangunkusumo dimulai semenjak beliau menulis karangan - karangannya yang berisikan tentang penderitaan rakya akibat dari penjajahan kolonial Belanda yang diterbitkan oleh harian De Express, yang akhirnya menjadikan tumbuhnya rasa kebencian pembaca terhadap kolonial belanda.Dan berujung beliau diberhentikan dari pekerjaannya sebagai dokter pemerintahan oleh pemerintah belanda.

Bersama - sama dengan Douwes Dekker dan Suwardi Suryaningrat, di tahun 1912 beliau mendirikan Indische Partij, sebuah partai politik yang pertama guna tujuan mencapai kemerdekaan indonesia.

Dr Cipto Mangunkusumo meninggal pada tanggal 8 maret 1943 di Jakarta dan dimakamkan di Watu Ceper, Ambarawa.

Untuk mengenang jasa dan pengorbanan beliau, pemerintah indonesia memberikan penghargaan berdasarkan SK Presiden RI No 109 Tahun 1964, Tanggal 2 mei Tahun 1964 sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Dan sampai sekarang pun nama beliau masih umum dikenal karena diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Umum Pusat di Jakarta.

Labels: Info Penting, Profil

Thanks for reading Biografi dr. Cipto Mangunkusumo Lengkap. Please share...!

0 Comment for "Biografi dr. Cipto Mangunkusumo Lengkap"

Berkomentarlah sesuai dengan judul postingan. Komentar dengan link aktif tidak akan pernah muncul Terima kasih.

Back To Top