Spesies Dinosaurus Baru


Jinan (ANTARA/Xinhua-0ANA) - Para ilmuwan China, Sabtu, mengatakan bahwa mereka telah menemukan spesies baru dinosaurus raksasa theropoda di provinsi timur Shandong.


Spesies baru itu, digambarkan sebagai salah satu kerabat dekat Tyrannosaurus rex (T. rex), telah diberi bernama "magnus Zhuchengtyrannus".

Ahli paleontologi telah menemukan tulang rahang atas yang unik setelah memeriksa tengkorak dan rahang yang ditemukan di kota Zhucheng, menurut laporan kantor berita China Xinhua yang dipantau ANTARA.

Hewan raksasa itu diperkirakan panjang sekitar 11 meter dan tinggi empat meter, beratnya mendekati tujuh ton.

"Kami menemukan dua jenis fosil tyrannosaurus di sini dan identitas yang lain masih belum jelas," kata Xu Xing, seorang peneliti di Institute of Vertebrate Paleontology dan paleoantropologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China.

"Kami telah menamakan genus baru itu magnus Zhuchengtyrannus, yang berarti `Tyrant dari Zhucheng`, karena tulangnya ditemukan di Zhucheng," kata Xu.

Tulang-tulang itu adalah beberapa sentimeter lebih kecil dari tulang yang sama di T. Rex spesimen terbesar, sehingga tidak ada keraguan bahwa Zhuchengtyrannus adalah tyrannosaur besar, kata Xu.

Menurut Xu, magnus Zhuchengtyrannus milik kelompok khusus yang disebut raksasa theropoda tyrannosaurines yang ada di Amerika Utara dan Asia Timur selama Periode Cretaceous berakhir, yang mencatat tanggal sekitar 65-99 juta tahun.

Semua tyrannosaurus adalah karnivora, binatang berkaki dua yang umumnya memiliki senjata kecil dan tengkorak besar.

Di antara tyrannosaurus, para tyrannosaurines adalah terbesar dan ditandai dengan hanya dua jari pada setiap tangan dan rahang kuat besar untuk memberikan gigitan yang menghancurkan tulang. Mereka mungkin termasuk predator dan pemulung.

Tambang fosil di Zhucheng berisi salah satu konsentrasi terbesar tulang dinosaurus di dunia.

Setidaknya 10 spesies dinosaurus telah ditemukan di tiga putaran penggalian sejak tahun 1960, termasuk Tyrannosaurus dan Hadrosaurus.

sumber
Labels: News

Thanks for reading Spesies Dinosaurus Baru. Please share...!

0 Comment for "Spesies Dinosaurus Baru"

Berkomentarlah sesuai dengan judul postingan. Komentar dengan link aktif tidak akan pernah muncul Terima kasih.

Back To Top