Tips Memilih Antivirus Buat HP | Padamu Nyai
Join on this site
Saya akan Foll Back Blog Juragan

Tips Memilih Antivirus Buat HP


Memilih anti virus memang gampang-gampang susah. Selain kinerja yang diharapkan harus baik, lisensi menjadi pertimbangan sendiri. Apakah berbayar, gratis, atau gratis tapi berbayar. Selain faktor diatas, faktor kemudahan kompatibilitas, instalasi, dan kenyamanan penggunaan juga harus dipertimbangkan. Anti virus yang ampuh, tapi hanya kompatibel dengan beberapa jenis ponsel pasti tak banyak dilirik oleh konsumen.

Demikian juga anti virus yang ampuh, tapi navigasi dan penggunaanya memusingkan kepala, tentu akan ditinggalkan. Anti Virus akan semakin bagus kinerjanya jika sudah di UPDATE, anti virus yang bisa diupdate biasanya memerlukan register, dengan kata lain kita harus membayarnya/membelinya Jadi, pandai-pandailah memilih anti virus ponsel sesuai dengan kinerja, kenyamanan, dan tentu saja isi kantong kamu Sedikit tentang antivirus yang cocok untuk ponsel kamu

1. SIMWORKS ANTIVIRUS www.simworks.biz Aplikasi antivirus buatan SimWorks lntl. Ltd ini cukup ampuh melawan virus yang bandel. Beberapa jenis virus yang tercatat pernah menyerang ponsel Symbian mampu dibabat oleh antivirus satu ini. Diantaranya :Cabir a, Cabir b, Cabir c, Trojan the Mosquitoes dialer, Trojan Skulls, Mabir.a, trojan skulls.f, trojan Locknut.d, trojan Locknut e, trojan Locknut.f, trojan Drever.b, trojan Drever.c, dan trojan Drever.d. Aplikasi ini dibuat untuk ponsel-ponsel Symbian seri 60 1st dan 2nd, serta Symbian UIQ. Dibandingkan dengan antivirus sejenis, SimWorks Antivirus memiliki kemampuan :
1. Memindai (scanning) file dan pesan-pesan secara realtime ketika masuk ke ponsel, untuk mencegah terjadinya infeksi lanjutan.
2. Bisa digunakan secara manual. Jika sewaktu-waktu kita kurang yakin dengan kondisi file dalam ponsel kita.
3. Melakukan scanning otomatis dalam interval waktu tertentu, sesuai keinginan pengguna.
4. Aktif secara otomatis ketika ponsel dinyalakan.
5. Menampilkan log hasil scanning.
6. Terintegrasi langsung dengan server untuk melakukan update definisi virus, apabila ditemukan virus jenis baru yang tentunya bisa diatasi.
7. Bisa ditransfer ke ponsel lain. Ponsel Support : BenQ (P30, P31), Motorola (A1000, A1010, A920), Nokia (6600, 3230, 3650, 3660, N-Gage, 7610, 7650, N70, N90 dll), Sony Ericsson (p800, p900, p910i)

2. KASPERSKY ANTIVIRUS MOBILE http://www.kaspersky.com/ Perusahaan pembuat antivirus asal Rusia, Kaspersky mulai melirik pasar ponsel. Dengan pengalaman yang didapat di Juni 2004, dimana mereka mampu mendeteksi dan menghilangkan virus di ponsel-ponsel bersistem operasi Symbian dan Windows CE, mereka akhirnya berani mengeluarkan antivirus versi ponsel. Nah, karena kurang lebih 80% pasar ponsel bersistem operasi dikuasai oleh Symbian, Kaspersky berkonstrasi hanya pada ponsel-ponsel Symbian saja. Termasuk Symbian seri 60 dan UIQ. Antiviru milik Kaspersky ini terbukti efektif dalam mengatasi kerusakan akibat Commwarrior, trojan dan worm lainnya. Kemampuannya antara lain :
1. Mengeluarkan bunyi ketika virus terdeteksi.
2. Scanning otomatis terhadap file yang masuk ke ponsel.
3. Scanning manual yang dilakukan pengguna ponsel.
4. Menampilkan log hasil scanning.
5. Update via GPRS (khusus versi berbayar).
6. Anti Theft Protection yang memungkinkan proteksi data-data penting seperti kontak, file,sms, email agar terlindungi dari upaya pencurian data.
7. Firewall: untuk melindungi lalulintas data melalui koneksi internet. Pengguna dapat memilih level keamanan yang cocok untuk mereka.
8. Anti spam untuk SMS/EMS/MMS: mencegah masuknya pesan-pesan massal yang tidak diinginkan. Kaspersky Mobile Security sendiri telah mendukung ponsel dengan sistem operasi Symbian 9.9, 9.2 Series 60 dan Windows Mobile 5.0, 6.0. Bagi pengguna Symbian versi sebelumnya, dapat mendownload Kaspersky Anti-virus mobile yang memiliki fitur hampir sama dengan Kaspersky Mobile Security, hanya saja tidak dilengkapi dengan anti theft protection. Ponsel support : * Symbian UIQ, OS 7.0s * Symbian S60, OS 7.0s-8.x * Symbian S80, OS 7.0s * Windows Mobile 5.0 for PPC * Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition * Windows Mobile 2003 for Smartphones * Windows Mobile 2003 for Pocket PC

3. F-SECURE MOBILE ANTIVIRUS http://www.f-secure.com Aplikasi antivirus ini dibuat oleh perusahaan Finlandia, F-Secure. Produknya meliputi antivirus untuk sistem PC, PDA hingga ponsel. Khusus untuk ponsel, mereka sudah menyediakan OS Windows Mobile, Symbian seri 60, seri 90 dan seri 80. Beberapa virus ponsel yang serign menyerang seperti Cabir, trojan dialer dan Commwarrior bisa diatasi dengan menggunakan antivirus ini.
Kemampuannya antara lain :
1. Scanning realtime terhadap virus yang mencoba masuk.
2. Update database virus hasil riset F-Secure melalui koneksi HTTPS.
3. Deteksi virus otomatis terhadap koneksi data (GPRS, WLAN, UMTS) untuk aktifasi Over The Air (OTA).
4. Update aplikasi otomatis.
5. Pendataan jenis virus yang ditemukan secara digital ke sistem database F-Secure. F-Secure Mobile Security kompatibel dengan S60 3rd Edition (Symbian 9.x), S80, dan Symbian UIQ. Sedangkan F-Secure Mobile Anti-Virus cocok digunakan di ponsel berbasis Symbian S60 2nd Edition (Symbian 7,x / 8.x), S60 3rd Edition (Symbian 9.x), Windows Mobile 2003 (SE) for Pocket PC, dan smartphone berbasis Windows Mobile 2003 (SE).

4. SYMANTEC MOBILE SECURITY for SYMBIAN www.symantec.com nama Symantec tidak asing lagi di telinga pengguna PC. Perusahaan pembuat berbagai software anti virus ini merupakan market leader di kelasnya. Diikuti oleh McAfee (NAI) dan Trend Micro. Produknya yang terkenal adalah Norton. Untuk versi mobile-nya, Symantec menjajal virus-virus yang berkeliaran di OS Symbian 60 dan 80. Termasuk ponsel-ponsel dari Nokia, Panasonic, Samsung, Siemens, dan ponsel dari vendor-vendor lain, serta tidak ketinggalan komunikator Nokia. Dengan antivirus ponsel bikinan Symantec ini, ponsel kamu akan terlindung bukan hanya dari virus saja, tetapi juga koneksi nirkabel yang tidak dipercaya dan sebagainya. Untuk produknya kali ini, Symantec hanya menyediakan waktu efektif penggunaan selama 2 tahun. Setelah kurun waktu itu, akan di-update. Beberapa kemampuan antivirus ini adalah :
1. Mendeteksi dan menghapus otomatis virus, worms, trojan horse, dan kode-kode malware lain.
2. Memiliki monitor firewall built-in terhadap komunikasi LAN/WLAN dan memblokir file-file yang dicurigai.
3. Melindungi sejak pertama kali terinstall, secara otomatis menghidupkan proteksi antivirus dan menutup port-port yang bisa ditembus virus.
4. Mudah digunakan.
5. Proteksi realtime terhadap SMS, EMS, MMS, HTTP, dan e-mail yang mengandung kode-kode berbahaya.
6. Scanning manual sesuai keinginan pengguna.
7. Menginformasikan kepada penggunanya dengan sistem alert akan munculnya virus, update terbaru dan ketika layanan hampir kadarluarsa.
8. Diback-up oleh Symantec Security Response yang sudah berpengalaman Ponsel support : Nokia series 80 (9300, 9500), Nokia series 60 (N70, 3230, 6260, 6600, 6680, 7610, dll), Samsung series 60-SGH D730.

5. TREND MICRO MOBILE SECURITY http://www.trendmicro.com Sebagai perusahaan antivirus terbesar ketiga di dunia, Trend Micro tidak mau ketinggalan. Perangkat genggam pun mulai dijelajahinya, terutama untuk ponsel-ponsel dan PDA phone berbasis Symbian S60, UIQ, Microsoft PocketPC 2003 dan Smartphone 2003.
Kemampuan anti virus ini antara lain :
1. Dengan antispam, mampu mengkarantina dan menolak file yang mengandung virus serta ancaman lain.
2. Proteksi dari pesan-pesan wap-push.
3. Update dan koneksi yang terjadwal.
4. Proteksi dari gangguan via bluetooth.
5. Scan Malware
6. Fasilitas update yang fleksibel, Updates bisa dilakukan melalu koneksi data nirkabel (WiFi, GPRS, EDGE, EV-DO, dll) atau dengan melakukan sinkronisasi dengan PC.
7. Anti-Spam untuk SMS
8. Firewall Ponsel support : Nokia (3230, 6260, 6600, 6620, 6630, 7610, dll), Panasonic (X700, X800), Sony Ericsson (P800, P802, P900, P910), BenQP30, ponsel ber-OS Windows Mobile 2003/2003SE for PocketPC dan Windows Mobile 2003/2003SE for Smartphone. Ke 5 anti virus ini yang kita harapkan bisa menjaga ponsel kita dari serangan virus.

Followers