Penambahan Indo.dic pada Microsoft Word

Halo teman-teman….
Pertama kita belajar mengetik otomatis banyak yang salah, mulai dari tanda baca, penulisan kalimat dan lain-lain. Nah, untung banget nih, ada temen yang ngasih tau.
Trik ini saya dapatkan sudah lama, pada saat mulai belajar mengetik, yaitu spelling and grammar (Ejaan) bahasa Indonesia atau yang kita kenal dengan indo.dic….
Indo.dic ini digunakan pada Office 2003 dan office pendahulunya, kalo untuk office 2007 sampai sekarang saya masih mencari infonya dan belum dapat… hehehe. Nah, bagaimana cara menambahkan dan apa saja sih keuntungannya.

Ok, disini saya akan mencoba memberitahu beberapa keuntungan apabila kita menggunakan indo.dic tersebut diantaranya yang pertama kita gag usah repot-repot mengedit tata bahasa Indonesia karena disitu hampir 95% kata dalam bahasa Indonesia sudah masuk ke dalam kamus, kedua, pada saat kita ingin melakukan pengecekan spelling and grammar kita cukup mengecek / memperhatikan kata-kata yang bergaris bawah merah, karena diindikasi yang bergaris bawah merah itu salah atau belum masuk dalam indo.dic tersebut.
Adapun cara menambahkan kata-kata yang belum masuk dalam indo.dic cukup mudah yaitu pada kata yang ingin kita tambahkan, hanya dengan klik kanan pada kata tersebut dan pilih add to dictionary (biasanya yang masih ada tanda garis merah yang bisa ditambahkan).

Cara pemasangan indo.dic pada Microsoft word 2003 atau office sebelumnya :
1.      Buka Drive C: Program Files→ Microsoft Office → Office 11






2.      Paste file indo.dic pada folder office 11 tadi. Untuk mendapatkan file indo.dic klik di sini




3.      Buka program Microsoft word > Klik Tools → Options → Spelling and Grammar → Custom Dictionaries






4.      Klik Custon Dictionaries : Di situ ada dua Dictionaries : Customs.dic dan Indonesia.dic → Beri tanda centang pada Indonesia.dic (yang dipakai hanya Indonesia.dic untuk customs.dic dihilangkan).


5.      Klik OK.

Nah, untuk mencoba hasil kerja dari indo.dic tersebut sekarang coba untuk mengetik kalimat apa aja lah, terserah…. Dan tunggu reaksinya.. hehe
Apakah sudah masuk atau belum kamus indo.dic nya??

Jika belum ada reaksi apa-apa, silahkan ulangi langkah  2, 3 dan 4.

Contoh hasil pengetikan setelah pemasangan indo.dic :


^-^ Semoga Bermanfaat ^-^
Labels: Tips Trik

Thanks for reading Penambahan Indo.dic pada Microsoft Word. Please share...!

Back To Top